-->

27 ODGJ Berat Se-Kabupaten Tangerang Banten, Dievakuasi Ke RSMM Bogor

BOGOR, DINAMIKA NEWS -- Satu-persatu Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berat yang di dampingi oleh keluarganya dan petugas kesehatan jiwa Puskesmas, dengan menggunakan kendaraan Dinas Puskesmas atau mobil Desa, yang berasal dari 29 Kecamatan, 246 Desa dan 44 Puskesmas, tiba di Aula Gedung Islamic Center Citra, yang berlokasi di Jalsn.Islamic Center No.1 Ciakar Kecamatan Panongan Kabupaten Tangerang Provinsi Banten, untuk mengikuti kegiatan pelayanan kesehatan jiwa masyarakat.

Pemeriksaan dan evakuasi masal ODGJ Berat Se-Kabupaten Tangerang Banten, yang didukung penuh oleh Pusat Kesehata Jiwa Nasional RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (PKJN-RSJMM) Bogor. 

Sebanyak 27 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berat Se-Kabupaten Tangerang Banten yang berhasil dievakuasi masal untuk dirawat dan diobati di Rumah Sakit Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor tersebut, dari 32 ODGJ berat yang berhasil di bawa ke Aula Gedung Islamic Center Citra Lestari Raya Kecamatan Panongan Kabupaten Tangerang dari Panti atau Yayasan dan dari rumah keluarga masing-masing. 

Setelah dilakukan pemeriksaan secara maraton, maka Tim Medis PKJN-RSMM yang digawangi oleh dr.Udji Priatna, Sp.KJ., sebagai Dokter Spesialis Jiwa dan dr.Meidiana Pertiwi, sebagai Dokter Instalasi Gawat Darurat (IDG) PKJN-RSMM, beserta petugas Penyuluh kesehatan, Perawat jiwa, Administeasi, dan lain-lain, berhasil menetapkan sebanyak 27 ODGJ berat layak dan indikasi untuk dilakukan perawatan dan pengobatan serta rehabilitasi selama 18 hari kedepan di PKJN-RSMM Bogor. 

Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim akhirnya armada bis yang membawa 27 ODGJ berat dan 7 tim medis berserta kendaraan operasional lainnya, meluncur dari hadapan seluruh peserta yang mengiringinya dengan bacaan do'a dan harapan agar ke 27 ODGJ berat tersebut bisa kembali pulang dalam kondisi pulih.

Sebelumnya acara pemeriksaan dan evakuasi masal ODGJ berat se-Kabupaten Tangerang bersama Pusat Kesehatan Jiwa Nasional-Rumah Sakit Marzoeki Mahdi (PKJN-RSJMM) di buka oleh Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Banten, drg. Etta Darmayanti, M.Kes.di Aula Gedung Islamic Center Citra Raya Kabupayen Tangerang, Rabu (24/4/2024).

200 peserta telah hadir memadati Aula Gedung Islamic Center Citra Raya Kabupaten Tangerang, yang berasal dari berbagai unsur seperti Dinkes, Dinsos, Satpol PP, Disdukcapil, BPJS, Bagian Jaminan Kesehatan, Camat Panongan, Kepala Puskesmas Panongan, Keswa Puskesmas, LKS Hikmah Saadah, LKS Darul Iman, LKS Peduli Kasih, Keluarga atau Penanggung jawab pasien, ODGJ dan Tim Kesehatan Jiwa PKJN-RSMM.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Banten drg. Etta Darmayanti, yang didampingi Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit serta Penyehatan lingkungan (P3PL), dr.Sumihar Sihaloho menyampaikan terimakasih kepada Tim Kesehatan Jiwa RS Marzoeki Mahdi, hari ini Kabupaten Tangerang telah berhasil menggelar kembali kegiatan pemeriksaan dan evakuasi masal ODGJ, semoga ODGJ yang diobati bisa kembali pulang dalam kondisi sehat,"harap drg. Etta Darmayanti.

Sementara itu, Iyep Yudiana, SKM. MKM. yang mewakili Manajemen dan Tim Medis PKJN-RSMM, memberikan Edukasi Kesehatan Jiwa dihadapan semua peserta yang hadir dan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tangerang atas kerjasama pelayanan kesehatan jiwa yang sudah terjalin selama ini.
"Terimakasih kami ucapkan kepada Pemda Kabupaten Tangerang melalui Dinkes, Dinsos dan lintas sektor yang hadir, atas terselenggaranya kegiatan Pemeriksaan dan evakuasi masal ODGJ berat Se-Kabupaten Tangerang, Insya Allah akan di contoh oleh Kota Kabupaten lainya di Jawa Barat dan Banten,"kata Iyep Yudiana. (Ismet)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel