Pemkot Bogor Luncurkan Loker Beres, Urus Dokumen Kependudukan Kini Bisa di Kelurahan - Dinamika News
News Update
Loading...

9/03/25

Pemkot Bogor Luncurkan Loker Beres, Urus Dokumen Kependudukan Kini Bisa di Kelurahan

KOTA BOGOR, dinamikanews.id Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) meluncurkan program Layanan Online Kependudukan Kelurahan Berintegritas, Efektif, Responsif, Efisien, Sederhana (Loker Beres) di Kantor Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Rabu (3/9/2025).

Program ini dihadirkan untuk memudahkan warga dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan langsung di kelurahan tanpa harus datang ke kantor Disdukcapil atau kecamatan. Loker Beres menjadi bagian dari komitmen Pemkot Bogor mewujudkan visi "Bogor Beres, Bogor Maju" sekaligus mendukung transformasi digital tata kelola pemerintahan yang modern dan berorientasi pada pelayanan publik.

Peluncuran Loker Beres turut dihadiri Sekretaris Daerah Kota Bogor, Denny Mulyadi, Kepala Bapperida Kota Bogor Rudy Mashudi, Kepala Disdukcapil Kota Bogor Ganjar Gunawan, Camat Bogor Selatan Irman Haerudin, Lurah Mulyaharja Muslim Yuliantono, serta jajaran staf kelurahan.

Sekda Kota Bogor, Denny Mulyadi, menyebutkan program ini pada tahap awal akan diterapkan di enam kelurahan percontohan, yakni Mulyaharja, Baranangsiang, Tegallega, Sindangbarang, Tegalgundil, dan Mekarwangi. 

"Hari ini soft launching dimulai dari Kelurahan Mulyaharja. Antusias warga sangat tinggi, salah satunya Ibu Isah yang akhirnya bisa mengaktifkan kembali kepesertaan BPJS setelah dilakukan pembaruan NIK," kata Denny.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Ganjar Gunawan, menjelaskan program ini menjadi langkah strategis untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. 

"Tahun ini dimulai di enam kelurahan, mudah-mudahan tahun depan bisa bertambah lagi hingga seluruh kelurahan bisa melayani langsung pengurusan dokumen kependudukan," ujarnya.

Melalui Loker Beres, masyarakat dapat mengurus berbagai dokumen, mulai dari pembaruan Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian, hingga Kartu Identitas Anak (KIA). Semua proses dilakukan secara online dan hasilnya bisa diambil langsung di kelurahan.

"Dengan adanya layanan ini, warga tidak perlu jauh-jauh ke Disdukcapil. Cukup di kelurahan, urusan bisa selesai lebih cepat, mudah, dan efisien. Program ini sejalan dengan visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor dalam mewujudkan Bogor Beres dan Bogor Maju," pungkas Ganjar. (Ismet)

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Aktifkan loncengnya jika ingin update artikel di web ini.
Done