.jpeg) |
Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cibinong Betty |
CIBINONG, DINAMIKA NEWS – Dinas Komunikasi
dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor bersama BPJS Kesehatan Cabang
Cibinong serta media massa, berkolaborasi sosialisasikan berbagai program dan
peningkatan mutu pelayanan, lewat kegiatan Ngobrol Program Terkini Jaminan Kesehatan
Nasional (Ngopi JKN), di Cibinong, Selasa (30/5).
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong,
M. Ichwansyah Gani mengungkapkan, BPJS Kesehatan harus bekerjasama dengan
seluruh pihak, dengan Pemkab Bogor dalam hal ini Diskominfo, kemudian LSM,
relawan dan tentunya media massa. Terutama dalam mensosialisasikan program JKN
dan peningkatan mutu layanan kami kepada masyarakat.
“Untuk itu kami terus membangun
komunikasi yang baik serta menjaga sinergi yang sudah terbangun dengan baik.
Mengingat Kabupaten Bogor memiliki wilayah yang sangat luas, dan merupakan
kabupaten dengan jumlah penduduk terpadat di Indonesia,” ungkap Ichwansyah.
Kemudian, lanjut Ichwansyah, saat ini
kita lebih banyak terjun ke desa-desa melalui Mobile Customer Service untuk
memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara langsung, bekerja
sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Ada pula program
sosialisasi melalui virtual yang kami lakukan yakni KEVIN (Kelas Virtual
Sosialisasi JKN).
“Saya percaya apapun kesulitannya,
asalkan jalinan kemitraan kita baik, Insya Allah akan muncul kemudahan. Melihat
kondisi Kabupaten Bogor, BPJS tidak mungkin bisa bekerja sendirian butuh
kolaborasi yang baik dengan semua pihak,” tandasnya.
Kepala Bidang Kepesertaan dan
Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cibinong Betty Parapat menjelaskan,
sampai bulan April 2023 peserta Kabupaten Bogor yang sudah terlindungi JKN
tercatat sebanyak 4.816.021 jiwa dan masih ada 569.198 jiwa yang belum
terlindungi JKN. Kemudahan layanan termasuk pendaftaran terus disosialisasikan
untuk menyamakan informasi terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
kepada seluruh lapisan masyarakat terutama di Kabupaten Bogor.
“Kami memberikan berbagai kemudahan
dan akses layanan berbasis digital antara lain Aplikasi Mobile JKN, PANDAWA
(Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp) di nomor 08118165165, BPJS
Kesehatan Care Center 165, VIKA (Voice Interactive JKN), CHIKA (Chat Assistant
JKN) di nomor 08118750400, peserta JKN yang berobat juga dimudahkan dengan
hanya menunjukkan NIK atau Kartu JKN tanpa membawa fotokopi berkas,” jelas
Betty.
Betty menambahkan, fokus BPJS
Kesehatan di tahun ini yakni transformasi peningkatan mutu layanan, dimana
peserta JKN berhak mendapatkan pelayanan mudah, cepat dan setara. Transformasi
mutu layanan yang mudah, cepat, dan setara kepada peserta JKN yakni
dengan, menerima NIK/KTP/KIS digital untuk pendaftaran. Tidak meminta dokumen
fotokopi kepada peserta sebagai syarat pendaftaran pelayanan.
“Memberikan pelayanan tanpa biaya
tambahan diluar ketentuan. Tidak melakukan pembatasan hari rawat pasien (sesuai
indikasi medis). Memberikan pelayanan obat yang dibutuhkan dan tidak
membebankan peserta untuk mencari obat jika terdapat kekosongan obat. Dan
melayani peserta dengan ramah tanpa diskriminasi,” tambah Betty. (Nan)