-->

Diskominfo Kabupaten Bogor dan BPJS Kesehatan Sosialisasi Program JKN

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cibinong Betty
CIBINONG, DINAMIKA NEWS – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor bersama BPJS Kesehatan Cabang Cibinong serta media massa, berkolaborasi sosialisasikan berbagai program dan peningkatan mutu pelayanan, lewat kegiatan Ngobrol Program Terkini Jaminan Kesehatan Nasional (Ngopi JKN), di Cibinong, Selasa (30/5).  
 
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong, M. Ichwansyah Gani mengungkapkan, BPJS Kesehatan harus bekerjasama dengan seluruh pihak, dengan Pemkab Bogor dalam hal ini Diskominfo, kemudian LSM, relawan dan tentunya media massa. Terutama dalam mensosialisasikan program JKN dan peningkatan mutu layanan kami kepada masyarakat.
 
“Untuk itu kami terus membangun komunikasi yang baik serta menjaga sinergi yang sudah terbangun dengan baik. Mengingat Kabupaten Bogor memiliki wilayah yang sangat luas, dan merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk terpadat di Indonesia,” ungkap Ichwansyah.
 
Kemudian, lanjut Ichwansyah, saat ini kita lebih banyak terjun ke desa-desa melalui Mobile Customer Service untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara langsung, bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Ada pula program sosialisasi melalui virtual yang kami lakukan yakni KEVIN (Kelas Virtual Sosialisasi JKN).
 
“Saya percaya apapun kesulitannya, asalkan jalinan kemitraan kita baik, Insya Allah akan muncul kemudahan. Melihat kondisi Kabupaten Bogor, BPJS tidak mungkin bisa bekerja sendirian butuh kolaborasi yang baik dengan semua pihak,” tandasnya.
 
Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cibinong Betty Parapat menjelaskan, sampai bulan April 2023 peserta Kabupaten Bogor yang sudah terlindungi JKN tercatat sebanyak 4.816.021 jiwa dan masih ada 569.198 jiwa yang belum terlindungi JKN. Kemudahan layanan termasuk pendaftaran terus disosialisasikan untuk menyamakan informasi terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada seluruh lapisan masyarakat terutama di Kabupaten Bogor.
 
“Kami memberikan berbagai kemudahan dan akses layanan berbasis digital antara lain Aplikasi Mobile JKN, PANDAWA (Pelayanan  Administrasi Melalui Whatsapp) di nomor 08118165165, BPJS Kesehatan Care Center 165, VIKA (Voice Interactive JKN), CHIKA (Chat Assistant JKN) di nomor 08118750400, peserta JKN yang berobat juga dimudahkan dengan hanya menunjukkan NIK atau Kartu JKN tanpa membawa fotokopi berkas,” jelas Betty.
 
Betty menambahkan, fokus BPJS Kesehatan di tahun ini yakni transformasi peningkatan mutu layanan, dimana peserta JKN berhak mendapatkan pelayanan mudah, cepat dan setara. Transformasi mutu layanan yang mudah, cepat, dan setara  kepada peserta JKN yakni dengan, menerima NIK/KTP/KIS digital untuk pendaftaran. Tidak meminta dokumen fotokopi kepada peserta sebagai syarat pendaftaran pelayanan.
 
“Memberikan pelayanan tanpa biaya tambahan diluar ketentuan. Tidak melakukan pembatasan hari rawat pasien (sesuai indikasi medis). Memberikan pelayanan obat yang dibutuhkan dan tidak membebankan peserta untuk mencari obat jika terdapat kekosongan obat. Dan melayani peserta dengan ramah tanpa diskriminasi,” tambah Betty. (Nan)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel