-->

Jembatan Informasi, BPJS Kesehatan Cibinong Ajak Pers Sukseskan Program JKN-KIS

Cibinong, Dinamika News -- BPJS Kesehatan Cabang Cibinong gelar Ngopi (Ngobrol Program Terkini) JKN bersama pers dari media di wilayah Kabupaten Bogor. Kegiatan ini terselenggara selain untuk menyebarluaskan informasi pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bertujuan untuk meningkatkan dan mempererat hubungan komunikasi dengan para insan pers.

"Pers menjadi jembatan informasi untuk masyarakat, awak media mengambil peran penting dalam menyukseskan Program JKN-KIS dalam menyebarluaskan informasi," ujar Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cibinong Ondrio Nas di Cibinong, Senin (30/5/2022). 

Menurutnya, sinergitas seluruh pihak diperlukan termasuk dengan para insan pers. Informasi Program JKN-KIS terkait alur layanan, program terkini dan inovasi kemudahan layanan dari BPJS Kesehatan harus diinformasikan secara menyeluruh kepada masyarakat.

"Sinergitas yang baik diperlukan untuk menyukseskan Program JKN-KIS bukan hanya dengan institusi, namun seluruh penduduk Indonesia termasuk para insan pers. Persamaan pemahaman dan pemerataan informasi dalam menjalankan Program JKN-KIS perlu dilakukan," kata Ondrio.

Dia menambahkan, "Program JKN-KIS tutur Ondrio, merupakan salah satu program strategis nasional dari pemerintah ini perlu dukungan dari seluruh pihak",ujarnya.

BPJS Kesehatan Cabang Cibinong juga mengenalkan kanal layanan informasi salah satunya petugas BPJS Siap Membantu (SATU) di rumah sakit, Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) dan kanal layanan digital aplikasi Mobile JKN. 

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPP) Betty Parapat, BPJS Satu menempatkan petugas di rumah sakit, sebagai  upaya BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.

"Peserta JKN-KIS yang berobat di rumah sakit membutuhkan informasi terkait layanan Program JKN-KIS. Termasuk menampung  keluhan atas pelayanan yang didapat selama berobat bisa disampaikan kepada petugas BPJS Satu. Informasi berupa foto dan nomor telepon petugas BPJS Satu di rumah sakit dapat dipastikan tersedia di beberapa titik pada rumah sakit. Petugas akan senantiasa membantu baik dengan memberikan penjelasan informasi JKN-KIS maupun membantu menyelsaikan keluhan peserta," ujar Betty.

Dalam pertemuan itu,  disampaikan juga informasi pembayaran cicilan yang dapat dimanfaatkan masyarakat atau dikenal dengan program REHAB. Kepala Bidang Penagihan Keuangan Dian Sri Rahayu menyampaikan peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau dikenal peserta mandiri yang belum membayar iuran lebih dari 3 bulan dapat memanfaatkan Program REHAB. Pendaftaran program dapat melalui aplikasi Mobile JKN atau Care Center 165.

Sehingga peserta dapat merencanakan pembayaran bertahap atau cicilan sesuai kemampuan membayar. Optimalisasi layanan digital juga terus dilakukan salah satunya pemanfaatan aplikasi Mobile JKN. Dengan aplikasi tersebut peserta dapat melakukan perubahan data secara mandiri, daftar antrean online sebelum datang berobat ke fasilitas kesehatan, melakukan screening kesehatan, mendapatkan KIS digital untuk berobat tanpa harus membawa kartu fisik, dan masih banyak menu yang dapat memudahkan pelayanan peserta.

Diakhir penjelasan Betty mengatakan seluruh lapisan masyarakat harus terinformasi dengan baik dan memiliki kesamaan pemahaman dalam melaksanakan Program JKN-KIS. Asas gotong royong dan yang sehat membantu yang sakit harus dimaknai dengan rutin membayar iuran setiap bulan. Kegiatan ini terselenggara atas sinergi BPJS Kesehatan dan awak media sebagai fungsi menyebarluaskan informasi kepada masyarakat. (Den)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel