-->

Bersama Baznas, Dedie Rachim Salurkan lZIS ke 400 Mustahik

BOGOR, DINAMIKA NEWS -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor kembali melakukan penyaluran atas zakat, infak, dan sodakoh (ZIS) yang sudah diterima menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah tahun ini.

Setidaknya ada sekitar 400 orang mustahik atau penerima manfaat di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor yang mendapatkannya. Mereka berasal dari Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumkim dan Perumda Tirta Pakuan.

Ikut menyaksikan penyaluran Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim didampingi pimpinan Baznas dan OPD terkait di Jalan Ceremai Nomor 12, Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Senin (8/4/2024).

"Alhamdulillah hari ini Pemkot Bogor bekerja sama dengan Baznas, yakni dari hasil zakat, infak dan sodakoh masyarakat Kota Bogor antara lain kita salurkan juga untuk pekerja harian lepas di lingkup Pemkot Bogor," ungkap Dedie.

Sambungnya, program serupa rutin dilakukan setiap tahunnya di bulan suci Ramadan, khususnya menjelang hari raya. Artinya, kata Dedie, penyaluran zakat, infak dan sodakoh masyarakat Kota Bogor tidak hanya dilakukan di luar lingkup pemkot.

"Namun di internal kita juga ada yang masih tergolong mustahik, ini yang coba kita salurkan juga. Harapannya tentu pendapatan dari zakat, infak, sodakoh di Baznas semakin tinggi. Sehingga nilai penyalurannya juga lebih memadai," terangnya.

"Mereka juga kan punya harapan menjelang hari raya, memiliki uang yang cukup untuk kebutuhan keluarganya. Dan paling tidak bantuan sedikit dari Baznas ini bisa disalurkan kepada orang - orang yang tepat," ujarnya.

Masih kata Dedie, kolaborasi Pemkot Bogor dengan Baznas terus dijaga. Tak dipungkiri masih ada golongan mustahik yang ada di lingkup Pemkot Bogor yang berhak mendapat saluran bantuan dari Baznas. 

Sementara itu, Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kota Bogor, M Nurdat Ilhamsyah kepada Dinamikanews.id mengatakan, BAZNAS berbagi kepada buruh pekerja harian lepas, tenaga kontrak, orsosing, buruh harian lepas juga di masyarakat dan juga beberapa instansi yang kebetulan memang titipan-titipan zakat dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kemudian lembaga atau badan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu kita salurkan kepada mereka-mereka yang berada dilingkup kerjaannya mereka,"jelasnya. 

Masyarakat juga kita input beberapa ratus orang yang Alhamdulillah pada hari ini bisa hadir,"tambah Moh Nurdat Ilhamsyah.

Dikatakan Moh. Nurdat Ilhamsyah, kenapa sepisikasinya kita berdekatan dengan Dinas-Dinas dan juga BUMD, kebetulan memiliki pegawai-pegawai kontrak dan juga lepas buruh harian dan ini, jumlah secara keseluruhan 4 ratus orang Alhamdulillah bisa dihadirkan dan masing-masing mendapat rezeki dari dana titipan dari unit pengumpul zakatnya,"jelasnya.  

BAZNAS pada hari berbagi bahagia berbagi kebahagiaan, karena sebentar lagi mau lebaran Iedul Fitri merayakan hari kemenangan, semoga harapannya di ramadhan ini, penghimpunan akan meningkat nanti dimalam takbir dan juga bisa kita langsung teruskan bagikan kepada para mustahiq yang berada di Kota Bogor,"kata Moh. Nurdat Ilhamsyah. 

Moh. Nurdat Ilhamsyah juga mengatakan, bahwa BAZNAS juga sudah roadshow kemaren, terkait penyaluran-penyaluran dari mulai pengajuan proposal, kemudian kerjasama, seperti dengan PWI, kemudian Majelis-Majelis Ta'lim lalu kemudian ada beberapa wilayah di RW, kemudian juga ada di Bank Masjid dan kita mengunjungi mereka-mereka untuk yang sifatnya serimoni, minimal dari 6 Kecamatan kita membuat acara roadshow itu, sehingga kita terlibat didalam penyaluran santunan mereka yang ada itu,"jelas Moh Nurdat Ilhamsyah. 

Mudah-mudahan Badan Amil Zakat Nasional Kota Bogor khususnya ditahun ini meningkatkan dan tahun depan juga semakin jauh lebih meningkatkan kita bisa berbagi jauh lebih besar lagi dan target tahun depan mudah-mudahan kita bisa sampai menyalurkan 3 ribu orang,"harap Wakil Ketua II BAZNAS Kota Bogor Moh. Nurdat Ilhamsyah. (Ismet)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel