-->

Pemkot Bogor Gelar Parade Pawai Piala Adipura

BOGOR, DINAMIKA NEWS -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggelar parade Piala Adipura Selasa (5/3/2024).

Parade Piala Adipura dengan rute pawai dan Arak-Arakan Piala Adipura Start Alun-Alun Kota Bogor Kapten Muslihat Jalan Ir. H. DJuanda, Jalan Jalak Harupat, Jalan Pajajaran, Jalan Otista, Jalan Suryakencana, Jalan Siliwangi, Lawang Gintung, Batutulis, Bondongan, Empang BTM, Jalan Ir. H.DJuanda dan finish Balaikota Bogor

Kota Bogor kembali meraih Piala Adipura, yang merupakan penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup, kebersihan dan pengelolaan sampah.

Wali Kota Bogor Bima Arya dalam sambutannya di Alun-alun Kota Bogor menyampaikan, yang paling susah, yang paling sulit adalah merebut kembali sesuatu yang pernah hilang setelah 28 tahun, tahun lalu yang pernah hilang, yang pernah pergi dengan kerja keras, kita rebut kembali, kita hadirkan kembali ke sini bersama kita.

Menurut Bima Arya, tahun ini Kota Bogor berhasil mengembalikan dan mempertahankan penghargaan Adipura yang telah dinanti-nanti warga Kota Bogor. Alhamdulillah kerja keras kita, kebersamaan kita, mendatangkan kembali piala Adipura yang kita banggakan," ucap dia.

Pada kesempatan itu, Bima Arya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh unsur yang terlibat mulai dari dukungan DPRD Kota Bogor, Forkopimda, dan seluruh pasukan kebersihan Kota Bogor.

"Tidak percuma hujan-hujanan, tidak percuma panas-panasan, tidak percuma bangun pagi-pagi, tidak percuma meninggalkan anak istri, tidak percuma berkorban untuk kebersihan Kota Bogor, semua adalah pahlawan Adipura," kata Bima Arya.

"Insyaallah kita jaga bersama-sama, tahun depan siapapun wali kotanya, Adipura tidak boleh pergi lagi, Adipura kita jaga bersama,"kata Bima Arya.

Bima Arya menyajak kepada seluruh warga untuk semakijnmenjaga kebersihan Kota Bogor, dan membudayakan membuang sampah pada tempatnya, dan mengolah sampah untuk mengurangi ke tempat pembuangan akhir yakni di Galuga. Enggak ada sampah yang numpuk lagi, tidak ada sampah uang telat terangkat, semua kita daur ulang, seluruh pelosok kita jaga kebersihannya bersama-sama,

"Sekarang kita arak Adipura bersama-sama, kita tunjukkan Adipura kepada seluruh warga Kota, supaya semua sepakat untuk menjaga Adipura selamanya ke depan," jelas Bima Arya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor Denni Wismanto saat ditemui Dinamikanews di Balaikota Bogor mengungkapkan, pihaknya sudah mempersiapkan berbagai inovasi untuk menghadapi tantangan yang lebih besar tahun depan.

Salah satunya dari aspek pengelolaan sampah. Pihaknya akan memperkenalkan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS 3R), yang ada di Mekarwangi sebagai salah satu kebanggan yang ada di Kota Bogor,"kata Denni. 

Seperti yang diketahui, program Plastic Smart City yang ada di TPS 3R Mekarwangi membawa perubahan signifikan pada pengelolaan sampah di Kota Bogor.Sampah tidak lagi berakhir di TPA melainkan diolah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis seperti papan hingga conblock.

"TPS 3R Mekarwangi tahun ini belum masuk penilaian. Mudah mudahan tahun depan masuk. Karena itu menjadi bagian dari inovasi," kata Denni.

Selain itu, kata Denni DLH juga akan mengakselerasi 30 RT di Kota Bogor menjadi RT bebas sampah.

Wilayah-wilayah ini didorong untuk bisa menyelesaikan pengelolaan sampah di lingkungannya masing-masing.Karena Adipura itu penilaiannya bukan hanya lingkungan yang bersih tapi juga dilihat sistemnya, komitemenya, kemudian mekanisme yang harus lebih baik," terang Denni.

Denni mengatakan, keberhasilan dari kolaborasi yang telah terjalin pada saat ini perlu terus dijaga. Untuk menuju Adipura Kencana.

Terlebih peran masyarakat dalam menjaga kebersihan, yang salah satunya tercermin dalam ajang Bogorku Bersih, bisa mengantarkan Kota Bogor meraih Adipura Kencana,"jelas Denni. (Ismet)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel