Ramadhan, Tirta Kahuripan Jaga Pasokan Air Bersih
3/25/23
Cibinong, Dinamika News -- Direksi Tirta Kahuripan gelar rapat koordinasi divisi operasional dalam rangka antisipasi pelayanan air bersih menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah. Perubahan pola pemakaian air pada saat jam puncak dan strategi untuk menjaga pasokan air bersih hingga antisipasi gangguan pengaliran turut dibahas dalam rapat tersebut.
Direktur Umum Perumda
Air Minum Tirta Kahuripan, Abdul Somad menjelaskan, selama Ramadhan terjadi
perubahan pola jam puncak pemakaian air yang bergeser pada saat sahur dan buka
puasa hingga tarawih. Turut dibahas pula strategi dan antisipasi apabila ada
gangguan mulai dari Instalasi Pengolahan Air hingga kebocoran pipa air bersih
untuk pelanggan.
“Perubahan jam puncak
pemakaian air pelanggan yang biasanya pada pagi hari dari pukul 04.00 – pukul
08.00 berubah menjadi pukul 02.00 – pukul 07.00 dan pada sore hari yang semula
pukul 17.00 – pukul 20.00 berubah menjadi pukul 15.00 – pukul 20.00, untuk
mengantisipasi hal tersebut petugas instalasi dan distribusi telah mengatur dan
lebih siaga menjaga pasokan air di jam puncak tersebut,” ujar Abdul Somad, Selasa
(21/3/2023).
‘’Sedangkan untuk
mengantisipasi gangguan di instalasi baik karena faktor alam seperti banjir dan
penurunan debit sungai ataupun faktor non alam seperti cemaran limbah dan
kerusakan pompa air, sebagai langkah antisipasi adalah memaksimalkan daya
tampung bak penyimpanan air (reservoir) agar pengaliran air bersih tetap
terjaga hingga keadaan normal kembali. Selain itu, Perumda Air Minum Tirta
Kahuripan telah membentuk Tim Reaksi Cepat yang siaga 24 jam apabila terjadi
gangguan yang didukung 11 unit armada tangki air berkapasitas 4000 liter
diseluruh wilayah Kabupaten Bogor” tutup Abdul Somad.
Masih dalam rangka HUT
Perumda Air Minum Tirta Kahuripan ke 42 dan Hari Air Sedunia, Perumda Air Minum
Tirta Kahuripan kembali mengadakan program diskon dan CSR yaitu: 1. Program
Diskon 50% atau pemutihan biaya penyambungan kembali untuk pelanggan status
putus yang ingin kembali menjadi pelanggan, 2. Diskon 42% biaya penyambungan
baru, 3. Bantuan pembayaran rekening bulan Februari 2023 untuk kelompok
pelanggan rumah sangat sederhana (R1A), 4.
Bantuan pembayaran
rekening air untuk golongan tarif Rumah Ibadah (S1) dan penyambungan baru
gratis Rumah Ibadah. Untuk info lebih lanjut terkait syarat dan ketentuan
program tersebut dapat menghubungi cabang pelayanan terdekat maupun melalui
Call Centre di nomor 1500 412. (Nan)