-->

Tim ACT PKJN-RSMM Bogor Lakukan Penjemputan ODGJ Berat

BOGOR, DINAMIKA NEWS -- Pusat Kesehatan Jiwa Nasional Rumah Sakit (RS).Dr.H. Marzoeki Mahdi (PKJN-RSMM) melalui Tim Assertive Community Treatment (ACT) bersama Puskesmas Mekarwangi dan Puskesmas Kayumanis, melakukan penjemputan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berat untuk di obati yang berada di wilayahnya masing-masing, Senin (22/4/2024).

Penjemputan ODGJ tersebut berdasarkan laporan dari warga, kader dan masyarakat setempat, dengan tujuan penjemputan untuk memberikan perawatan dan pengobatan di PKJN-RSMM Bogor. 

Tim ACT RSMM yang terdiri dari, Ns.Wawan Setiawan, S.Kep, Ns.Sri Suryaningrum, S.Kep, Andriyati Ginting, SKM., dan Iyep Yudiana, SKM. MKM bergerak menuju lokasi pertama langsung disambut oleh Tim ACT Puskesmas Mekarwangi dan para Kader Posyandu Cempaka RW.06 dan suami pasien.

Edukasi pun dilakukan dihadapan petugas puskesmas, kader, petugas RT dan keluarga pasien, tentang pentingnya perawatan kesehatan jiwa, Alhamdulillah pasien berhasil dijemput dengan sukarela dan bersedia dibawa ke RSMM Bogor. 

Ns.Aya Afya, S.Kep. M.Sc., sebagai Programer Kesehatan Jiwa di Puskesmas Mekarwangi Kota Bogor, menyampaikan terimakasih kepada Tim ACT RSMM yang telah membantu kami menangani pasien sehingga pasien bisa dibawa untuk diobati,"ujarnya.

Kemudian Tim ACT RSMM meluncur ke lokasi melakukan penjemputan ODGJ ke dua yang disambut langsung oleh petugas Puskesmas Kayumanis Kota Bogor dan Ibu RW 08 yang sudah berada di lokasi. Edukasi pun dilakukan lagi dihadapan petugas puskesmas, ibu RW 08 dan keluarga pasien. Setelah dibujuk dan diberikan penjelasan, walaupun agak berontak, tapi akhirnya pasien berhasil dilakukan penjemputan. 

Siti Amrina Rosyadah, A.Md.Kep., sebagai Programer Kesehatan Jiwa di Puskesmas Kayumania Kota Bogor, menyampaikan terimakasih Tim ACT RSMM, akhirnya pasien bisa berhasil dijemput dan dibawa ke RSMM, yang didampingi oleh anaknya dan bu RW". Ujar Siti Amrina Rosyadah.

Setelah kedua pasien berhasil dijemput, Tim ACT langsung meluncur menuju Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSMM Bogor dengan membawa dua pasien tersebut untuk perawatan dan pengobatan lebih lanjut untuk dilakukan perawatan dan pengobatan di PKJN RSMM Bogor. (Ismet)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel