-->

Magister Akuntansi FEB Universitas Trisakti Gelar Pelatihan Kosep dan Praktik Laporan Keuangan Secara Virtual

Dinamika News, Bogor -- Bentuk sumbangsih, Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti gelar pelatihan Konsep dan Praktek Analisis Pelaporan Keuangan, Perhitungan e-SPT dan Harga Penjualan pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) KK DKI Jakarta dan PENA Bekasi Raya, diikuti 300 peserta secara virtual, Selasa (28/7/2020).

Perkembangan UMKM akhir ini mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bahkan jumlahnya  mencapai 62 juta unit, sekaligus penyumbang perekonomian Indonesia terbesar. 

Digelarnya pelatihan ini bertujuan untuk melengkapi para pengusaha UMKM Pemberdayaan dan Kesejehateran  Keluarga (PKK) DKI Jakarta dan Pendopo Nusantara (PENA) 45 Bekasi Raya dalam mengelola, menganalisis laporan keuangan serta pelaporan pajaknya.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) m dibuka oleh Ketua Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti, Dr. Sekar Mayangsari, Ak, MSi, CA didamping Sekretaris Program Studi Dr. Rossje V. Suryaputri. 

Ketua UMKM PENA Bekasi Raya, Razwir Ilham, SE menyampaikan kata sambutan, dilanjutkan Wakil Ketua IV PKK DKI Arijati Azhari. Keduanya memberikan apresiasi atas pelatihan tersebut. "PKM ini salah satu wujud mendukung usaha UMKM di Indonesia, khususnya UMKM DKI Jakarta dan Bekasi," tegas Sekar. 

PKM ini terdiri dari tiga (3) sesi, pertama diketuai Dr. Regina J. Arsjah Ak., Msi, CA, tentang konsep analisis laporan keuangan. Dia menyatakan perusahaan didirikan dengan tujuan pokok, memperoleh laba, menaikan volume penjualan, dan mempertahankan kelangsungan usahanya. 

Menurutnya, laporan keuangan perlu dianalisis karena salah satu cara mengetahui kondisi dan kesehatan keuangan perusahaan tersebut. Analisis atas laporan keuangan, akan mempermudah upaya perbandingan perkembangan perusahaan setiap tahun. 

Pelatihan jadi menarik, setelah ada sesi tanya-jawab dan diskusi dari  Dr. Hotman T Pohan, MM, Erliana Banjarnahor, SE, Ak, MSi, CFA, CA, dan Huzaifah Ahmad Nugroho dari kalangan mahasiswa.

Dijelaskan disesi kedua, tentang praktek analisis laporan keuangan, langsung dilakukan praktek perhitungan dan analisis dari setiap angka-angka dalam laporan keuangan. Sesi ini disampaikan oleh ketua tim Dr. Sekar Mayangsari, Ak, MSi, CA dengan jenis analisis laporan horisontal, vertikal, common size, rasio dan du-pont.  

Sedangkan contoh perhitungan dipaparkan Dr. Lenggogeni, Ak.,MM., CMA., CA.,CBV dan Dyah Novia Nugraheni (mahasiswa). Ditambahkan Erliana Banjarnahor, SE, AK, MSi, CFA, CA. Dia mengatakan, keuangan perusahaan harus dipisahkan dengan keuangan pribadi sehingga dapat lebih mudah dianalisis laporan keuangan perusahaan (UMKM).

Dalam sesi pengisian e-SPT diketuai Dr. Binsar H Simanjuntak, Ak., MBA., CA (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan/BPKP). Dr. Henik Hari Astuti, Msi dan Dr. Bambang Prayogo., Ak., MBA., CA ( Komisaris  PT. Sarana Energi Resources) dan Yohana Sasmitha Pardewi (mahasiswa).

Dia menambahkan contoh kasus tentang perpajakan seperti prosedur membuat NPWP baru, omzet yang dikenakan pajak. Sedangkan Fanny Rahmadhitya, SE., MSc (enterprenuer) menyatakan UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. 

Kontribusi penerimaan dari UMKM, Pembayaran PPh UMKM (PPh Final) pada tahun 2017 sebesar 2.2% terhadap total penerimaan PPh yang dibayar WP Badan dan WP OP. Maka UKKM penting memiliki NPWP. Sehingga membantu UMKM dalam fasilitas terutama PPh 0.05%.

Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Penjualan diketuai Prof. Dr. Yuswar Z Basri, AK., MBA., CA membahas materi, disampaikan Prof. Dr. Itjang D. Gunawan, Ak, MBA, Dr. Virna Sulfitri, SE., MBA, Fanny Rahmadhitya, SE., MSc (enterprenuer) dan Muhammad Farhan Rusmawan (mahasiswa). Diharapkan dengan pelatihan perhitungan hpp ini maka umkm bisa menghasilkan laporan keuangan yang dapat diandalkan. Karena pengusaha UMKM sudah bisa dengan detail membuat perhitungan terkait dengan harga pokok produksi dan harga pokok penjualan.

Sementara Senior Manajer Bisnis Development Bank Permata Indra Saputra SE., MAk, Ak., CA., CPA  memberikan tips peningkatan omzet penjualan dimasa pandemic Covid-19.

 Indra menyebutkan bekerjasama dengan perusahaan yang memiliki jumlah karyawan lumayan banyak yang sudah work from office (bekerja dari kantor) dengan memasarkan di marketplace secara online dan terus berinovasi.

 "Harapan kita bersama, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua, baik Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti maupun UMKM PKK DKI Jakarta dan PENA 45 Bekasi Raya. Dan relasi  terus terjalin, " ungkap Sekar. (Nan)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel